Program Pascasarjana Universitas Riau (PPS UR)

Image

Program Pascasarjana Universitas Riau dirintis sejak tahun 1996. Dengan membuka Program Magister Manajemen, lewat kerjasama dengan Universitas Padjajaran (UNPAD). Dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1998, Program Magister Manajemen kerjasama UNRI-UNPAD pun mulai menerima mahasiswa. Selang 3 tahun bergulir (2001), Universitas Riau kembali membuka beberapa program pendidikan S2. Masih dalam bentuk kerjasama dengan universitas di luar Propinsi Riau.

Sebut saja dengan Universitas Ngeri Jakarta (UNJ) untuk Program Studi Magister Manajemen Pendidikan; Universitas Andalas untuk Program Studi Magister Ilmu Lingkungan; Program Studi Pembangunan Wilayah Pedesaan dan Program Studi Biologi. Serta bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan membuka Program Studi Teknik Studi Pembangunan.

Setahun berikutnya (2002), UNRI membuka sendiri pendidikan jenjang S2 Program Studi Ilmu Lingkungan, yang langsung mendapat izin Dikti pada tahun yang sama, dengan nomor 3210/D/T/2002. Semenjak dikeluarkannya izin Program Studi Magister Ilmu Lingkungan tersebut, program studi magister di lingkungan pascasarjana Universitas Riau (sejak tahun 2009 berganti akronim menjadi UR), terus bertambah.

Tahun 2003, Program Magister Manajemen yang telah menyelesaikan program kerjasama dengan UNPAD, memperoleh izin Dikti No. 1600/D/T/2003. Begitu pula Program Studi Ilmu Administrasi dengan memperoleh izin Dikti No. 482/D/T/2003. Pada tahun itu juga dibuka program studi kerjasama S2 lagi, yaitu Program Studi Ilmu Hukum yang bekerjasama dengan UNAND.

Tahun 2004, giliran Program Studi Ilmu Politik dan Sosiologi memperoleh izin Dikti No. 1113/D/T/2004 dan No. 1034/D/T/2004. Tahun berikutnya (2005), Program Studi Ilmu Lingkungan memperoleh perpanjangan izin Dikti No. 1412/D/T/2005. Kemudian, pada tahun 2006 izin Dikti No. 2525/D/T/2006 untuk Program Studi Ilmu Administrasi. Berikut direktori Program Pascasarjana UR sampai tahun 2012:

  1. Program Studi Manajemen Strata Dua
  2. Program Studi Ilmu Administrasi
  3. Program Studi Ilmu Politik
  4. Program Studi Magister Sosiologi
  5. Program Studi Ilmu Lingkungan
  6. Program Studi Magister Manajemen Pendidikan
  7. Program Studi Ilmu Pertanian
  8. Program Studi Magister Agribisnis
  9. Program Studi Magister Akuntansi
  10. Program Doktor Ilmu Lingkungan
  11. Program Magister Matematika
  12. Program Magister Teknik Kimia
  13. Program Magister Teknik Sipil
Syarat Pendaftaran Program S2/S3
  1. Memiliki ijazah dan transkrip nilai (legalisir)
  2. IPK minimal 2,5
  3. Memiliki hasil TPA
  4. Memiliki hasil TOEFL
  5. Surat keterangan berbadan sehat (dari dokter)
  6. Memiliki Surat Pernyataan Penerima Layanan Pendidikan Pendidikan Tinggi bermaterai
  7. Memiliki Surat Pernyataan Bebas Narkoba bermaterai
  8. Surat izin tertulis dari atasan
  9. Pasphoto berwarna ukuran 3×4 (4 lembar), dan 4×6 (4 lembar).
  10. Karya Ilmiah (khusus bagi dosen) untuk S2 dan usulan Disertasi untuk S3
  11. Surat Rekomendasi Kelayakan Akademik (Magister 2 orang, Doktor 3 orang)
SEKRETARIAT PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS RIAU
KAMPUS PATTIMURA GEDUNG A LT. II
JL. PATTIMURA NO. 9 PEKANBARU 28131
TELP / FAX : (0761) 856591

127 comments

  1. Jadwal Pendaftaran PPS-UR untuk TA.2012/2013 mulainya kapan ya…? terus informasi tempat kuliah dan biayanya ga ada ditampilkan disini?

    1. Jadwal pendaftarannya belum dibuka karena masih membahas mekanisme pendaftarannya. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan datang langsung le sekretariat PPs UR. Thanks

      1. pak,
        apa pendaftaran online nya sudah bisa di akses??
        wajib mendaftar secara online atau bisa daftar langsung ke sekretariat??

  2. maaf sebelumnya pak,, saya mau nanya,,, untuk program magister matematika akreditasnya apa ya pak… terimakasih

  3. Pak, Surat Rekomendasi Kelayakan Akademik & Surat Pernyataan Penerima Layanan Pendidikan Tinggi, kita dapat darimana ya…? Trims

  4. Mav pak sblumnya, mnurut informasi yg saya dptkn bulan april yg lalu ada penerimaan jurusan manajemen olahraga untuk pascasarjana, pndftarannya sistem manual bukan online, bahkan ia sudah diterima. Apakah informasi yg sy dptkan salah? Tp org tsb adalah teman sy sndiri.. Terimakasih

  5. untuk pascasarjana teknik sipil akreditasi apa ya??kalau blm kira2 kapan ya?karena akreditas sngat dibutuhkan untuk persyaratan penyesuaian ijazah (jika lulus nantinya)

  6. Pak, mau nanya, prodi ilmu administrasi tu akreditasinya apa ya? dan karya ilmiah tu apakah wajib untuk mahasiswa yang bukan dosen?

    1. Masih bisa daftar,untuk pertama ini sbgai syarat masuk harus mempunyai sertifikat dulu. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan datang ke sekretariat PPs UR Gedung A Lt.2 Unri gobah,.thanks

  7. Pak,
    Pelaksanaan test TOEFL n TPA tgl 21 n 22 ini lokasinya dimana pak..?? Prsyrtan apa ajj yang dibwa saat ujian.. Trim’s

  8. Maaf Pak…kemarin kurang jelas….test toefl yang di Panam hari apa pak? Sabtu atau Minggu?…terima kasih…

  9. Pak . . .
    Kapan terakhir pendaftaran untuk program magister akuntansi UNRI 2012 ???
    Apakah diperbolehkan mendaftar dengan hanya memakai Surat Keterangan Lulus dari perguruan tinggi yang bersangkutan sementara menunggu ijazah yang belum keluar?

    Tx

  10. Assalamualaikum Pak..minal aidzin walfaidzin…mau tanya..info tes TPA selanjutnya sudah ada pak? ..terimakasih…..

  11. Sesuai dgn kterangan diatas S2 program studi ilmu hukum ada di UNRI krja sama dgn UNAND,kalo bgitu kok ga ada di situs resminy pascasarjana unri?
    kuliahnya dmn ya?
    non reguler ada kan?

  12. pak saya mau ambil pasca juruusan manajemen pendidikan, masih buka sampai tanggal berapa pak? terimakasih pak…

  13. Assalamu’alikum wr wb..
    pak mau nanya untuk pasca prodi ilmu lingkungan ada yang masuk sabtu jam 13.00 wib & minggu g pak?..soalnya saya sabtu pagi masuk kerja setengah hari.

  14. Pak Fahdi mw nanya, hasil toefl yg tes tgl 2 sept kapan keluarnya, sertifikatnya kpn y? satu lg pengumuman kelulusan prodi man. penddkn dumumkan lewat internet gak?

  15. pak saya mau masuk jurusan manajemen pendidikan yang buka desember besok, apa persyaratan yang harus saya siapkan sekarang, kapan daftar dan tesnya pak.

  16. ass.mau nanya pak,untuk pembayaran pendaftaran pascasarjana secara manual atau lewat bank pak?
    kalau datang langsung ke sekretariat boleh jg!

  17. Ass, mau nanya pak tolong dong minta info tentang rincian biaya untuk magister managemen pendidikan dan magister Akuntansi, trimssss

  18. Assalamu’alaikum Pak Fahdi…
    Maaf saya mau bertanya Pak, pendaftaran program Magister Akuntansi di UNRI T.A. 2013/2014 dimulai kapan ya Pak?
    Dengan semua persyaratan yg harus dipenuhi (termasuk utk mendapatkan nilai TOEFL dan TPA) sebaiknya mulai kapan saya harus mempersiapkannya Pak?
    Saya lulusan S1 Prodi Akuntansi UPI, apakah saya tetap harus mengikuti matrikulasi Pak?
    Terima kasih banyak sebelumnya Pak…
    Wassalam.

  19. ass.. maaf pak, untuk jurusan pasca teknik sipil biaya awal masuk dan persemesternya berapa ya? lalu tahun ini bulan berapa saja pendaftaran dibuka pak? saya mau melanjutkan ke s2 unri. trims sebelumnya.

  20. pak,saya mau tanya, pasca sarjana unri ada beasiswa unggulan BPPD dikti nggak pak untuk manajemen pendidikan?

  21. smalam saya sudah daftar online.tp krn kesalahan sy pak,saya tdk sempat mencetak hasil pendaftaran saya.apakah yg harus sy lakukan?sy bingung krn sy ulangi tdk dpt lg d lakukan,pin y sy g bisa terpakai lg pak.mohon pejelasannya...trims says:

    smalam saya sudah daftar online.tp krn kesalahan sy pak,saya tdk sempat mencetak hasil pendaftaran saya.apakah yg harus sy lakukan?sy bingung krn sy ulangi tdk dpt lg d lakukan,pin y
    sy g bisa terpakai lg pak.mohon pejelasannya…trims

  22. Mohon info Nya pak kapan buka lagi ya pasca sarjana untuk program magister management pendidikan?istri saya guru bahasa inggris (pns) di batam…brp biaya per semester Nya sekarang ya?

  23. selamat pagi Pak,,saya mau tanya klo jurusan untuk magister sains manajemen ada apa aja yaa….
    saya kesulitan mendapatkan informasinya.

  24. pak, saya udah buka um.unri.ac.id tapi keterangannya pendaftaran belum dibuka. padahal di pengumuman saya lihat sudah dibuka mulai 31 maret. gimana tuh pak caranya download formulir onlinenya?

  25. Saya mauu bertanya untuk biaya S2 Magister Akuntansi berapa yaa pak? Dan dmana saya bisa mendapatkan inforMasinya, karena saya pernah ke Unri di patimura mereka bilang Lihat secara online, tapi belumm saya temuiii inforMasi Lengkapnya,,, trimss

    1. biaya pendaftaran = 750rb…biaya SPP per semester 8,5 jt…informasi lebih lanjut bisa dilihat di um.unri.ac.id atau silahkan datang langsung ke Program Pascasarjana Universitas Riau..thanks

  26. Ass pak. Mohon penjelasannya, apa perbedaan dari magister manajemen dengan magister sains manajemen? Berapakah uang SPP dan Uang pembangunanya? Apakah lulusan S1 komputer dpt melanjutkan di magister manajemen/ magister sains manajemen? Trims

    1. Magister Sains Manajemen = 60% teori,,40% praktek,,lebih cocok bagi yang berminat menjadi akademisi
      Magister Manajemen = 60% praktek., 40% teori,,lebih cocok bagi yang berminat menjadi praktisi
      lulusan S1 dari jurusan apa saja bisa mendaftar ke Prodi Manajemen Strata Dua..
      informasi lebih lanjut kunjungi um.unri.ac.id atau silahkan datang langsung ke Program Pascasarjana Universitas Riau..kampus Pattimura

  27. Assalamualaikum pak… maunaya kalau S1 pendidikan Bimbingan konsling dan mau melanjutkan ke S2 hukum kira-kira bisa nggak ya pak tolong infonya pak…tks Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s